Kamis, 22 November 2018

on Leave a Comment

Cara Membuat Pakan Kambing Dari Gedebog Pisang


Inilah tahapan Cara Membuat Pakan Kambing Dari GedebogPisang yang bisa praktekan supaya bisa memberikan pakan terbaik untuk ternak anda. 

Salah satu kunci sukses bisnis peternakan adalah pakan yang di berikan pada kambing itu sendiri. Tentunya jika pakan yang di berikan itu memiliki nutrisi tinggi maka bisa mempercepat pertumbuhan hewan ternak. 

Salah satu jenis pakan yang terkenal akan nutrisi terbaik untuk hewan ternak kambing adalah gedebog pisang. 

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah di lakukan, gedebog di dalam nya memiliki kandungan nutrisi yang komplit sebagai pengganti pakan ternak.

https://caramembuatpakanfermentasiternakdomba.blogspot.com/2018/11/cara-membuat-pakan-kambing-dari-gedebog.html

Adapun komposisi rata-rata nutrisi dalam batang pisang antara lain : bahan kering (BK) 87,7 % , Abu 25,12 %,lemak Kasar (LK) 14,23 %,Serat Kasar (SK) 29, 40 % , protein Kasar (PK) 3 % termasuk : asam amino, amine nitrat, glikosida, mengandung N, Glikilipida, vitamin B, asam Nukleat , bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN) 28,24 % termasuk karbohidrat, gula dan pati .

Jadi jelas bahwa gedebog pisang adalah salah satu pilihan terbaik untuk pakan ternak kambing. Kandungan protein kasar pada gedebog pisang tentunya tidaklah terlalu tinggi akan tetapi jika kta mencampurnya dengan bekatul, bungkil kelapa, ampas tahu atau limbah dari produk kedelai , ampas singkong , jagung yang di tambah dengan fermentasi maka dapat meningkatkan kandungan protein kasar pada gedebog pisang. 

Biasa nya untuk gedebog pisang ini di olah lagi secara fermentasi , bukan langsung gedebog pisang di berikan ke hewan ternak. 

Jadi bagi anda yang mau memberikan pakan gedebog pisang ini harus melalui pengolahan secara fermentasi.

Inilah Cara Membuat Pakan Kambing Dari Gedebog Pisang

Bagi anda yang mau memberikan gedebog pisang sebagai pakan untuk kambing anda, bisa mengolah gedebog pisang dengan cara fermentasi , di bawah ini cara pengolahan nya. 

Bahan yang perlu di siapkan

  • Pohon pisang 100 kg

  • Ampas tahu 15 kg

  • Dedak katul 3 kg

  • Garam 250 gram

  • Produk SOC HCS ( untuk membantu proses fermentasi ) kurang lebih 3 btl

Gelar terpal , lalu Potong potong gedebog pisang menjadi ukuran 3-4 cm, campurkan ampas tahu dan dedak ke potong gedebog pisang tadi 

Buat larutan bibit fermentasi dengan cara 30 cc SOC HCS atau 3 tutup botol SOC lalu di masukan ke dalam 1 liter air dan tambahkan 100 gram gula pasir lalu aduk hingga larut. Diamkan larut kurang lebih selama 15 menit

Cara Membuat Pakan Kambing Dari Gedebog Pisang - Setelah 15 menit larutam bibit fermentasi tadi di masukan ke dalam 10 liter air lalu aduk hingga larut, larutan baru tersebut kemudian masuk ke dalam sprayer dan di semprotkan ke dalam bahan pakan ( potongan gedebog, dedak, ampas tahu ) secara merata sambil di aduk

Lalu taburkan 250 gram garam ke dalam bahan sambil di aduk secara merata , langkah terakhir masukkan pakan tersebut ke dalam tong plastik atau kantong plastik dan di tutup rapat selama 1/3 jam. 

Hal yang harus di perhatikan agar kambing atau domba menyukai pakan fermentasi gedebog pisang

  • Cekok kambing 2-3 cc atau 1 tutup botol SOC-HCS supaya nafsu makan nya meningkat
  • Pertama berikan pakan buatan di campur dengan pakan biasa yang telah di semprot SOC-HCS
  • Selama 1-7 hari tiap pagi ternak di beri pakan seperti biasa yang sudah di semprot SOC-HCS sore harinya di beri pakan buatan agar terbiasa dan selanjutnya akan normal dengan pakan buatan
  • Pengalaman kecepatan adaptasi kambing atau domba berbeda beda ada yang pertama langsung sukai di beri buatan ini namun ada pula yang perlu waktu hingga 2 hari untuk adaptasi hingga benar benar berpindah ke pakan buatan
  • Atur kadar air jangan terlalu tinggi jika terlalu tinggi atau basah hasil fermentasi tidak optimal dan kurang tahan lama

Untuk proses fermentasi Gedebog Pisang ini memerlukan prooduk SOC-HCS yang mana karena produk inilah maka proses fermentasi akan berjalan dengan baik. 

https://caramembuatpakanfermentasiternakdomba.blogspot.com/2018/10/produk-soc-hcs-suplemen-organik-cair.html

 INFORMASI LEBIH LENGKAP BISA KLIK GAMBAR 

ATAU BISA LANGSUNG PESAN 


Cara Mendapatkan Produk SOC-HCS , PESAN MELALUI VIA SMS

DENGAN FORMAT SEPERTI DI BAWAH INI
Ketik : Kode Pemesanan ( INSOC ) # Jumlah Pesanan # Nama Lengkap # Alamat Lengkap # No.Hp/tlp

KIRIM KE  0822 1453 8282 ( SMS )

Ingat Kode Produk INSOC Harus Di Cantumkan di setiap sms pemesananya

HARGA PRODUK PERBOTOL  INSOC ( SOC-HCS )
Harga : 120.000 / 1 botol
Harga : 220.000 / 2 botol

HOME

0 komentar:

Posting Komentar